Mencicipi Camilan Khas Kota Gresik

Camilan Khas Kota Gresik – Indonesia memiliki banyak sekali ragam keunikan dan ciri khas. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khas dan memiliki tradisi masing-masing. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki ragam budaya adalah kota Gresik.

Anda bisa menemukan banyak keragaman budaya yang ada di Kota Gresik ini. Tak terkecuali dengan camilan khas Kota Gresik yang menjadi favorit saat berkunjung ke Kota santri ini.

Gresik adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur dan terkenal dengan Semen Gresiknya. Namun, selain terkenal dengan Semen Gresiknya, di Gresik juga terdapat banyak tempat wisata salah satunya adalah wisata rohani yaitu Makam Sunan Giri dan Makam Sunan Malik Ibrahim.

Bika anda berkunjung ke Gresik, jangan sampai terlewatkan untuk membeli oleh-oleh atau makanan khas Gresik. Lalu apa saja oleh-oleh khas gresik yang bisa anda bawa pulang? Berikut ini akan ada informasi mengenai camilan  makanan khas Gresik yang wajib anda coba.

Makanan Khas Gresik (Oleh-oleh Gresik Terpopuler)

Mengunjungi sebuah tempat wajib bagi anda untuk membeli oleh-oleh atau camilan khas dari tempat yang sudah anda kunjungi. Jika anda mengunjungi Kota Gresik maka wajib untuk mencicipi camilan khas Kota Gresik seperti berikut ini.

1. Pudak

Pudak Khas Gresik
sumber : https://catatanwildan.files.wordpress.com/

Pudak adalah kue tradisional asli yang berasal dari Kabupaten Gresik. Dan nantinya akan dibungkus dengan pelepah daun pinang yang dijahit rapi karena membuatnya diperlukan ketelatenan dan kesabaran, sehingga akan menghasilkan wadah kue pudak yang memiliki ciri khas.

Saat camilan pudak ini memiliki banyak varian rasa yaitu rasa biasa (pudak merah dan pudak putih), rasa pandan, dan sagu. Kue pudak ini juga bisa bertahan sampai 3 hari lamanya.

Jadi jika anda dalam perjalanan jauh, sudah tidak perlu khawatir keawetan dari kue Pudak ini. Berikut ini adalah cara untuk membuat kue pudak khas Kota Gresik.

    • Siapkan panci rebusan dan tuangkan santan kelapa didalamnya, setelah itu masukkan tepung beras, gula pasir, vanilla, dan daun pandan. Aduk adonan hingga tercampur rata, masak dengan api sedang
    • Setelah itu ambil 1 buah daun pinang yang sudah siap lalu tuangkan adonan ke dalam daun pinang tersebut
    • Siapkan panci kukusan yang sudah diisi dengan air secukupnya. Setelah itu masukkan bungkusan pudak tersebut ke dalam panci kukusan satu persatu, dan tunggu hingga  matang. Masak dengan api sedang
    • Setelah matang, ambil bungkusan pudak tersebut dan tali dengan rafia, lalu biarkan kue pudak dingin.
      Dengan harga mulai dari Rp25.000, anda sudah bisa membawa oleh-oleh kue Pudak yang memiliki rasa lezat ini untuk keluarga tercinta

2. Jubung Khas Gresik

Jubung Khas Gresik
sumber : http://gresikkab.go.id/wisata/jubung

Camilan khas Gresik yang kedua adalah kue jubung khas Gresik. Jabung ini adalah camilan khas Gresik yang terbuat dari ketan hitam yang diatasnya ditaburi wijen.

Kue jubung khas Gresik ini dibungkus dengan selongsong warna putih kecoklatan yang berasal dari daun pinang muda yang telah dianyam.

Untuk mengola kue jabung ini harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus diaduk secara terus menerus, jadi jangan heran jika kebanyakan yang membuat dan terjun langsung untuk pembuatan kue Jubung ini adalah kaum laki-laki.

Itu adalah beberapa makanan khas Gresik yang bisa anda coba saat berkunjung ke kota Gresik. Untuk rasa dan kualitasnya sudah tidak perlu di khawatirkan lagi, karena masyarakat setempat membuatnya dengan rasa penuh cinta. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda.

 

Shares 0

Leave a Comment