Jenis Makanan Ibu Hamil yang Baik untuk Dikonsumsi

Jenis Makanan Ibu Hamil yang Baik untuk Dikonsumsi Makanan merupakan aspek penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayinya.

Sayangnya, informasi mengenai makanan ibu hamil yang berbeda-beda satu dengan lainnya membuat banyak wanita hamil sangat berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsinya saat hamil.

Berikut ini ada beberapa makanan bernutrisi untuk ibu dan bayi berdasarkan rekomendasi dari pakar nutrisi.

Beberapa Makanan Ibu Hamil untuk Dikonsumsi Saat Hamil

1. Salmon

Ikan salmon mengandung lebih sedikit methylmerkuri dibandingkan ikan todak atau ikan tenggiri. Makanan ini juga merupakan salah satu sumber protein dan omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janinnya.

Makanan ibu hamil ini menurut seorang pakar nutrisi dari Amerika dapat membuat mood sang ibu menjadi lebih baik sekaligus mencukupi nutrisi terutama protein untuk perkembangan sistem saraf pada janin.

Saat hamil, Anda direkomendasikan memakan ikan salmon seminggu maksimal 340 g.

Selain daging ikan salmon, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan kolin dengan daging sapi yang bebas lemak. Daging tersebut harus dikonsumsi hingga matang agar bakteri dan parasit yang ada pada daging mentah tidak terserap oleh janin.

2. Sayur hijau

Sayuran yang berdaun hijau seperti brokoli, bayam, sawi, dan sebagainya merupakan sumber asupan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, K, folat, dan sebagainya. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, folat untuk menutrisi jaringan saraf, dan sebagainya.

Baca Juga : Beberapa Pantangan Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan

3. Kacang-kacangan

Makanan ibu hamil yang juga bisa dikonsumsi adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, dan sebagainya. Kacang-kacangan mengandung banyak serat dan protein serta mineral seperti kalsium, zat besi, zinc yang sangat dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang.

Konstipasi yang sering dialami saat masa kehamilan juga bisa diminimalisir dengan asupan serat dari kacang-kacangan.

4. Ubi kuning

Warna kuning oranye pada ubi merupakan tanda bahwa makanan ini mengandungbeta karoten. Karoten dari ubi kuning memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu dan janin, tidak seperti vitamin A dari hewani yang jika dikonsumsi terlalu berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Selain itu, makanan yang lebih baik dikonsumsi dengan direbus ini juga kaya akan folat, serat, dan vitamin C. Anda bisa memakan makanan ini sebagai camilan.

5. Buah beri

Dari jenis buah-buahan, makanan ibu hamil yang direkomendasikan adalah jenis buah beri seperti stroberi, blueberi, kiwi, dan sebagainya.

Selain mengandung air, buah-buahan tersebut mengandung banyak serat dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyehatkan kulit yang sering mengalami stretch mark serta memperkuat sistem imun.

Buah beri juga rendah gula sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Anda bisa menjadikan buah tersebut sebagai camilan sehat dengan memakannya langsung atau mengolahnya menjadi smoothie atau salad buah.

Selain beri, buah lainnya yang juga baik untuk ibu hamil dan janinnya adalah alpukat. Buah yang kaya serat ini bagus sebagai asupan lemak baik.

Selain itu, buah ini juga kaya akan potasium dan folat yang diperlukan untuk perkembangan otak janin. Beberapa buah kering seperti kurma dan kesemek kering juga baik untuk sesekali mendampingi camilan Anda.

Itulah beberapa makanan ibu hamil yang perlu Anda konsumsi selama masa kehamilan. Anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan karena hal tersebut normal dialami oleh wanita hamil. Yang harus selalu Anda ingat adalah kesehatan Anda dan bayi dari makanan yang Anda konsumsi.

Shares 0

Leave a Comment