Cara Alami Menghilangkan Ketombe pada Rambut Dengan Garam

Cara Alami Menghilangkan Ketombe dengan Garam – Keberadaan ketombe tentu sangatlah mengganggu selain mengganggu aktivitas yang kadang menimbulkan rasa gatal-gatal dikepala.

Ketombe juga mengganggu penampilan anda karena akan nampak benda-benda kecil seperti gumpalan debu berwarna putih yang menempel disela-sela rambut kadang juga menempel di pakaian.

Apalagi ketika kalian mengenakan pakai berwarna gelap, ini akan sangat jelas sekali gumpalan-gumpalan berwarna putih tersebut.

Berbagai macam jenis shampoo anti-ketombe mungkin telah anda coba namun ketombe tidak kunjung berkurang, atau malah tidak berhasil sama sekali ?

Anda bisa mencoba cara ampuh menghilangkan ketombe pada rambut dengan garam dapur yang akan dipaparkan pada artikel ini.

4 Manfaat Garam untuk Merawat Rambut

Perlu kita ketahui garam dapur memiliki banyak sekali manfaat karena mengandung banyak zat dan mineral yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat garam untuk merawat rambut.

1. Menjaga Kelembaban Rambut

Dicuaca yang panas dan berdebu seringkali membuat kulit kepala kita kering, dan jika terlalu kering sel-sel kulit pada kepala akan mati dan mengelupas.

Nah itulah yang nantinya disebut sebagai ketombe, namun tenang garam memiliki sifat cair apabila dibiarkan terkena udara secara terbuka yang lama kelamaan akan cari dan merata (bisa diratakan pakai tangan) di kulit kepala.

2. Meningkatkan Sirkulasi pada Kulit Kepala

Secara teori sirkulasi kulit kepala dikatakan lancar apabila kulit kepala sehat dan tidak ada ketombe. Sebab ketika sirkulasi kulit kepala tidak lancar maka sel-sel kulit mati akan menupuk dan menjadilah ketombe.

Nah disinilah Manfaat garam untuk merawat rambut, Garam memiliki kandungan mineral yang cukup banyak diantaranya adalah kalsium, kalium dan magnesium.

Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala karena mampu memperlancar sirkulasi kulit kepala dengan baik.

3. Mencegah Tumbuhnya Jamur pada Kulit Kepala

Pityrosporum Ovale adalah jenis jamur yang dianggap sebagai flora normal pada kulit manusia, meskipun dianggap normal jika tumbuh secara berlebihan jamur ini dapat mengakibatkan ketombe bermunculan.

Dengan garam dapat mencegah mengontrol tumbuhnya jamur ini dikulit kepala anda.

4. Mempercepat Pergantian Sel Kulit yang Sudah Mati

Manfaat Garam untuk rambut yang ke empat adalah garam mampu mempercepat pergantian sel kulit mati, seperti yang sudah kita ketahui bahwa asal usul ketombe adalah dari menumpuknya sel kulit kepala yang sudah mati.

Nah dengan mengoleskan garam pada kulit kepala akan membantu proses penelupasan sel kulit yang sudah mati dan membuat kita terhindar dari ketombe.

Lalu bagaimana Cara Menggunakan Garam untuk menghilangkan ketombe ?

Baca Juga : 10 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan garam ini ternyata sudah dilakuakan oleh nenek moyang kita dengan cara mencuci rambut atau kelapa dengan air laut, kenapa air laut ? karena air laut itu adalah garam, dan kita sudah membahas sedikit tentang manfaat garam.

Waduh ditempat saya jauh dari laut ? tenang kalian tidak harus pergi ke laut hanya untuk mendapatkan manfaat garam untuk rambut, kalian cukup ikuti cara-cara berikut :

  • Ambil beberapa sendok Garam (2-5 sendok)
  • larutkan pada semangkuk air hangat
  • aduk-aduk hingga rata
  • basahi kedua telapak tangan dengan air tersebut
  • usap-usapkan ke kepala, pijat-pijat selama 15-20 menit
  • bilas dengan air hingga bersih.

Lakukan 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sering-seringlah berkeramas untuk membantu proses menghilangkan ketombe dengan garam.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam ini tidak mutlak akan berhasil pada setiap orang, bergantung faktor atau penyebab munculnya ketombe oleh karenanya ada baiknya anda pastikan terlebih dulu apa penyebab munculnya ketombe anda agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekian artikel tentang cara ampuh menghilakan ketombe pada rambut dengan garam, semoga bermanfaat

Shares 0