5 Gejala Stres Yang Wajib Diketahui Sebelum Berkelanjutan

Gejala Stres – Stres merupakan hal yang biasa dijumpai dan banyak masalah akan muncul bila penangannya tidak efektif. Hal tersebut sebenarnya wajar dan sah-sah saja tetapi jika kadarnya sudah berlebihan dan menyebabkan depresi maka harus segera ditangani.

Sebelum mengobatinya, penting untuk mengetahui gejala – gejala stres. Hal itu bisa membantu Anda untuk menangani bahkan menghilangkannya dan pikiran akan kembali segar.

5 Gejala Stres yang Harus Diketahui

Ada banyak faktor yang menimbulkan gejala stres dan sangat mengganggu. Hal tersebut tidak hanya mengganggu pikiran saja, namun kesehatan dan hati pun bisa terkena dampaknya.

Bila hal tersebut sudah parah, maka hal yang membahayakan pun akan datang mengancam. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa gejala dari stres, antara lain sebagai berikut:

Sering Sakit Kepala

Sakit kepala memang identik dengan stress, namun Anda harus kenali dulu penyakit tersebut. Bila Anda tidak memiliki riwayat penyakit menahun maka sudah dipastikan bila Anda terkena gejala stres.

Ini disebabkan karena otak dipaksa untuk berpikir secara terus-menerus sehingga aliran darah pun menjadi tidak stabil. Maka tak heran bila seseorang yang sedang dilanda stres pasti akan sering merasa sakit kepala.

Nafsu Makan Berkurang

Gejala berikutnya adalah berkurangnya nafsu makan. Karena pikiran sedang kacau maka Anda pun tidak berselera makan, hal tersebut bila dibiarkan akan menyebabkan penyakit tentunya.

Tak heran jika ada yang sedang stres, maka berat badan pun akan turun drastis. Penurunan berat badan pun tidak sehat karena banyak penyakit di dalamnya.

Namun ada beberapa kasus bila ada seseorang sedang stress terkadang nafsu makan menjadi bertambah dan berat badan pun akan mengalami kenaikan

Emosi Yang Tidak Stabil

Orang yang dilanda stres pasti emosinya tidak stabil. Kadang-kadang dia akan merasa marah, sedih, cemas, takut dan bersikap kasar. Ini memang efek dari gejala stres, maka dari itu penghiburan adalah obat yang pas.

Karena gejalanya mempengaruhi emosi dan juga kemampuan kognitif seseorang, maka bila sudah ditahap ini harus benar-benar ada pendampingan.

Bila itu sudah parah, tak heran jika orang yang stres terkadang bisa menangis tiba-tiba, berteriak, mengamuk dan bahkan tertawa sendiri.

Susah Tidur

Mungkin gejala yang satu ini banyak dialami oleh banyak orang. Susah tidur atau insomnia merupakan tanda stres yang paling banyak diketahui. Bagaimana tidak?

Bila ingin memejamkan mata maka akan kepikiran dengan masalah yang dihadapi dan itu terkadang menjadikan seseorang merasa takut dan cemas.

Karena kurangnya waktu istirahat, maka orang stres biasanya rentan terkena penyakit terutama penyakit jantung dan pencernaan.

Baca Juga : 3 Tips Mengetahui Penyebab Stres Secara Umum

Mengisolasi Diri dari Orang Lain

Mungkin ini bisa dibilang gejala yang paling parah. Mengisolasi diri dari orang lain mungkin akan membahayakan diri sendiri, hal-hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri akan dikhawatirkan terjadi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin menjauhkan benda tajam atau benda lainnya saat sedang stres supaya hal menakutkan itu tidak akan terjadi.

Berbagai masalah yang dihadapi terkadang membuat seseorang merasa lelah untuk melaluinya. Terlebih lagi jika itu sudah menyebabkan stres. Stres memang kata-kata yang akrab di masyarakat namun mereka kebanyakan tidak tahu apa saja gejalanya.

Masalah tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut apabila gejala stres sudah terlalu parah. Harus ada pertolongan dan juga penanganan yang benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Shares 0